Jangan Takut Merantau

Hiii...  Aku Apepe.
Kalian punya kampung ngga?.  Walaupun kampung itu tempat tinggal kakek nenek. Berarti orang tua kamu yang merasakan hidup merantau.

Cover Anak Rantau A. Fuadi

Menurut aku arti merantau itu, tempat kita dibesarkan atau tempat kita lahir, lalu kita pergi ke suatu kota atau negara yang jauh dari tempat tinggal kita tersebut dalam jangka waktu yang lama meninggalkan keluarga atau orang yang kamu sayangi #ehm. Yah kalo misalnya merantau sama keluarga sama aja rasanya kayak pindah rumah. Cuma suasana nya berbeda.

Banyak cerita soal merantau. Bahkan Rasulullah pun hijrah dari Mekkah ke Madinah. Seorang perantau bisa hidup sukses atau hidup sengsara di kota orang. Anak mahasiswa pasti udah ngga asing lagi soal merantau.

Mahasiswa yang mendapat universitas favoritnya sampai rela jauh dari orangtuanya. Mereka mulai dengan kehidupan baru yang mandiri. Biasanya ada yang ngurusin hidup mereka ya tentu orang tua dan saudara. Tapi mereka memulai dengan sendiri.

Aku sempat ngga kepikiran untuk merantau. apa enaknya merantau?. Hidup sama orangtua juga asyik kok.

Aku mulai merantau sejak sebelum masuk SMA. Habis lulus SMP, nyokap aku ngurusin berkas-berkas pindah, aku ngga tau apa aja berkasnya. Aku cuma siapin ijazah SMP dan rapor SMP. Yah tentunya pakaian juga dibawa. Aku juga merantau ke Serang karena kuliah. Ada yang merantau selain dari pendidikan misalnya kayak cari kerja macam cerita Malin Kundang.

Cobain aja dulu merantau itu rasanya gimana?.  Kalian bisa rasakan beda tinggal di tanah sendiri atau tinggal di tanah orang . Jangan takut merantau. Kalian bakal ketemu orang yang baik sama kalian, orang yang bisa menolong kalian. Karena di dunia ini ada 3 tipe orang yaitu,  baik, jahat, dan bermuka dua.

Daripada kamu cuma berdiri di tempat situ situ aja. Walaupun kamu ketemu orang baru juga. Tidak masalah sih. kamu merantau, kamu bisa melihat budaya baru yang beda dari asal kamu. Ada tantanganya disana yaitu adaptasi. Seberapa kamu bisa bertahan? Menyerah atau bangkit? Sengsara atau menang di negeri orang?

Intinya, kamu bisa belajar mandiri, kamu belajar mengatur ekonomi sesuai style kamukamu belajar sesuatu hal yang baru, mengenal karakter orang baru.

Itu yang aku suka dari merantau. Belajar berani...




Share:

No comments:

Post a Comment