Cara membuat hyperlapse dari Handphone (HP)



Tau ngga sih maksudnya hyperlapse itu apa?
Menurut sumber detik.comhyperlapse
adalah teknik untuk memasukan pergerakan kamera dengan mengabadikan objek dan urutan fotonya sehingga menjadi film. Mengerti?. 

Kalo kamu ngerti dengan teknik timelapse, kamu bakal ngerti juga dengan hyperlapse. Jadi, timelapse dan hyperlapse itu memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah sama-sama mengambil beberapa gambar suatu perkembangan atau pergerakan suatu objek, namun perbedaan nya adalah timelapse mengambil objek tanpa mengubah posisi,  sedangkan hyperlapse dilakukan dengan cara bergerak seperti kanan ke kiri atau sebaliknya, atau maju ke depan. 

Aku pernah lihat beberapa video seputar hyperlapse dan timelapse, kebanyakan orang mengambil gambar dengan memfoto. Tapi aku lebih memilih untuk merekam objek dikarenakan biar aku ngga capek pencet tombol shoot kamera. 

Alat pendukung untuk membuat hyperlapse yang low budget adalah tripod. Cara membuat hyperlapse di handphone dengan cara:
1. Atur posisi untuk pengambilan objek. 
2. Take a photo 
3. Pindah tripod sedikit arah ke kanan atau ke kiri kek, ke atas kek, ke bawah kek
4. Take a photo again
5. Edit dengan memasukkan foto ke aplikasi. Atur durasi foto 0,2 detik.

Dalam membuat hyperlapse, kamu bisa mengumpulkan 300-500 foto. Berapa waktu untuk mengambil gambar sebanyak itu. Pasti lama bangeet.. Memori hp dan batre kamu harus banyak yaaaa.. Hasil dari 300 foto bisa menghasilkan video berdurasi 1 menit. 

Aku punya sokamusi bagaimana cara membuat hyperlapse tanpa perkamu menghabiskan waktu, memori, dan baterai hp . Aku sering pakai aplikasi ini di kala ada event. Aku pakai hp android, jadi aplikasi yang aku pakai adalah Microsoft Hyperlapse. Kamu bisa download di Play store. Untuk IPhone, kamu bisa download aplikasi hyperlapse yaitu Instagram hyperlapse. 

Karena Hp aku android, aku akan jelasin tutorial hyperlapse dengan Microsoft Hyperlapse . Berdasarkan pengalaman aku, aplikasi ini membuat video kamu jadi smooth dan stabil. 




  1. 1.     Kamu harus pilih rekam atau import dari galeri.
    2.     Untuk yang pilih import, kamu klik tanda centang. Untuk pilih rekam, kamu klik simbol record dan kalau sudah selesai kamu klik simbol stop kemudian klik tanda centang.
    3.     Video sudah tersave, tetapi kamu bisa atur speednya. Kamu juga bisa share ke medsos.
    Satu hal yang diketahui, usahakan kamu harus memegang hp dengan stabil dan melangkah perlahan-lahan, serta memegang kamera bentuk landscape. Walaupun aku bilang aplikasi ini bisa stabil, tetapi kamu megang hp nya sampai shake luar biasa, video kamu bakal banyak mengalami distorsi. Jadi keliatan percuma saja. 

    Silakan mencoba. Semoga bermanfaat.

Share:

No comments:

Post a Comment