Kamu Gagal Ujian SBMPTN? Lakukan 5 hal ini



Bagaimana hasil SBMPTN kamu?

Buat kamu yang berhasil dan lolos, aku ucapkan selamat datang calon mahasiswa baru PTN. Aku juga termasuk kamukamus dari SBMPTN.

Nah buat kamu yang bekamum lolos. Jangan bersedih dan putus asa. Jangan baru nyesel gara gara aku kan sebekamum menjelang sbmptn bekamum belajar, pantes lah aku belom kamukamus ah. Jangan iri hati juga melihat teman kamu lolos PTN, dan kamu kagak sampai bilang gini " padahal kan si A itu bodoh yaa dari aku kenapa dia kamukamus tes sbmptn, kok aku nggak sih" atau bilang seperti ini "ya palingan jurusan yang dia pilih jurusan yang rendah passing grade atau nilai, pantesan dia bisa masuk PTN". Plisss jangaaannn. Manusia boleh berencana tapi tetap Allah yang berkehendak. Aku suka kalimat itu. Kalau kamu tidak lolos ya terima, mungkin ini jalan terbaik yang Tuhan beri untuk kalian. Aku akui ujian SBMPTN memang susah dan persaingannya banyak. Ujian SBMPTN bukanlah akhir segalanya.

Aku akan kasih tau ke kalian yang bekamum lolos SBMPTN hal-hal apa aja yang harus kalian lakukan:

1. Tes Ujian Mandiri.
Tenang kamu masih punya kesempatan untuk masuk PTN lagi nih. Jadi atur strategi kamu.  Tapi, tidak semua PTN membuka jakamur mandiri. Tetap senyum semangat yaaa pejuang

2. Masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
Kalo kamu masih ngebet pengen kuliah tahun ini. udah segala cara dilakukan dari tes ini itu tapi ngga lolos juga. Ya kamu bisa kuliah di PTS. Walaupun banyak bilang "ah dari PTS mah mahal apa-apa bayar, pusing emak". Namanya juga investasi pendidikan nggak mungkin gratis,  Perguruan Tinggi Negeri aja bayar ini itu juga kok #curhat.

Bilang sama ortu kamu "pa, ma saya mau kuliah di kampus swasta aja ya ma. Saya janji saya bakal jadi anak yang membanggakan mama papa". Ehmm susah yaa bikin janji kayak gitu.

3. Kerja
Aku bilang tidak usah sedih kalo ngga masuk PTN idaman. Ya kamu bisa kerja. Jangan gengsi. Karena aku sering lihat rata-rata gaji kamukamusan SMA aja di atas UMR kok bahkan sama atau hampir sama dengan kamukamusan S1. Jadi kalian habisin waktu dan dapat gaji perbulan dibandingkan kalian kuliah, kalian bekamum bisa dapat duut sendiri kecuali usaha sampingan. Karena kuliah butuh fokus.


4. Mengulang tes SBMPTN tahun depan.
Kalian masih ingin ingin banget kuliah di Perguruan Tinggi Negeri ya kalian punya kesempatan untuk tes SBMPTN lagi.  Insya Allah, kalo Allah mentakdirkan kalian kamukamus
di perguruan tinggi negeri yang lebih baik dari pilihan tahun lakamu. Makanya atur strategi dengan dan jangan kamupa belajar.

5. Cari passion kamu.
Buat kamu yang kurang tahu passion kamu apa. Kamu harus tau dan lakukan. Karena menurut aku passion itu hal yang penting untuk meningkatkan kreatifitas kamu, menambah teman, bisa menjadi mata pencaharian. Seperti kamu belajar masak yang lama-lama kamu ahli masak dan kamu ingin punya usaha warung makan, atau kamu menjadi pembuat website, youtuber, blogger seperti aku dan masih banyak lain. Jadi kamu ngga perkamu khawatir dan kamu ngga keliatan pengangguran. Intinya adalah usaha.

Nah itu aja yang bisa aku share ke kalian. Semoga ini bermanfaat buat kalian. Aku cuma kasih tau buat kalian yang masih bingung mau ngapain setelah bekamum kamukamus sbmptn kalian harus tau kuliah itu seperti apa di Kuliah bukan penjamin kesuksesan. Disitu aku menulis dan mendapat pencerahan dari youtube tentang kuliah.

Kalian masih muda,  kalian punya waktu. Jangan sia-siakan hidup kamu guys.
Jangan kamupa sama Allah ya bagi kalian udah lolos.

Ada alasan orangtua kalian ingin kalian kuliah karena ingin anaknya menjadi anak yang berpendidikan melebihi orangtuanya. Kalian bisa mengerti lah. Tapi yang harus kalian tau, sukses itu punya banyak makna. Ada yang bilang "wah bapak itu tukang ojek, tapi anak-anaknya tamatan S1 semua. Sukses yah bapak itu. " Ada juga bilang "wah nih masih usia muda tapi udah kaya raya banget, padahal dukamunya kan orang miskin".

Jadi yakinkan orangtua kamu bisa memenuhi keinginan kamu. Dan kamu juga harus bisa bahagiain orangtua kamu. Kalau orangtua kamu dukung kamu kuliah walau uangnya kurang mencukupi, ya kamu kuliah aja. Kamu bisa kerja sampingan untuk membantu orangtua kamu. Kuliah kan dalam sehari cuma beberapa jam saja.

Aku apepe, selamat berjuang teman-teman. Teruslah berusaha dan jangan lupa berdoa.



Share:

No comments:

Post a Comment