Tidak ada Ide untuk menulis Blog. Berikut caranya kamu memulai menulis


Seorang Blogger harus selalu konsisten menulis. Menulis adalah kegiatan dalam bentuk menyampaikan ekspresi. Aku sering menemukan orang yang bingung mau menulis apa?  Udah tidak ada ide yang dapat dituliskan lagi. 

Darimana sih sumber blogger untuk menulis? Menurut aku sumber untuk mendapat suatu ide menulis itu dari 3 M + 1D yaitu:


1. Membaca Buku
Membaca buku | pxhere.com

Membaca pangkal pandai. Bukan hanya menjadi pandai, kamu bisa membuat kalimat dari membaca buku.

Biasanya ketika kamu membaca, kamu itu diajak mendeskripsikan isi dari buku.Semakin bisa memahami isi buku, kamu bisa menulis dengan meniru gaya tulisan buku favorit kamu. Misalnya kamu sering baca buku novel Raditya Dika nih. Kan novel Raditya Dika  menggunakan bahasa gaul sehari-hari.

Dari membaca buku, kalian bisa memperkaya kosakata kalian. Tulisan yang kalian tulis bisa maksimal dan jumlah kata-katanya ideal lebih dari 500 kata.

2. Membaca Artikel lain
Intinya adalah membaca. Seorang blogger mesti kudu harus membaca. Tidak punya waktu atau uang kurang mencukupi membeli buku di toko buku, kalian tidak perkamu memaksakan membeli buku. Kalian bisa membaca artikel di website blog. 

Modal kuota kalian bisa mencari inspirasi bahan menulis. 


3. Menonton Berita
Menonton youtube | Jateng.tribunnews.com

Ini cara aku banget. Aku tipikal malas membaca baik dari buku maupun e-book atau artikel. Jadi aku itu lebih sering mendapat sumber untuk bahan menulis dari berita. Beritanya berasal dari menonton televisi, video instagram dan Youtube. 

Menonton lebih menarik perhatian indera mata dan telinga kita. Kalau membaca hanya indera mata yang berfungsi. Kita melihat banyak fenomena yang terjadi pada hari ini. 

4. Datang seminar, dan workshop
 Biasanya blogger sering ikut event dari berbagai sponsor. nah, seusai event, blogger diminta review gitu. Walaupun ada juga yang tidak meminta untuk direview, tapi kan lumayan menambah konten ya..

Kalau aku sering merekam pembicara lewat handphone atau mengetik kata-katanya ke media sosial seperti twitter

Okeh mungkin 4 hal itu sudah mengerti.  Dari 4 hal itu biasanya menemukan inspirasi seperti tema dan isi yang akan ditulis. Lalu, bagaimana kalau aku udah melakukan 3 hal itu, tapi aku tetap tidak menemukan inspirasi buat menulis?.

1. Pergi keluar rumah
Menemukan suatu hal yang baru | pxhere.com
Kenapa aku suruh kalian pergi? Dikamuar rumah kalian akan mendapat suatu hal pengalaman baru dimulai dari perjalanan, terus ngapain apa aja, menemukan hal baru, melihat kejadian yang aneh. Dari situlah kalian menulis apa yang kalian temukan atau bisa jadi memunculkan gairah menulis setelah keluar rumah sekian lama terperangkap di rumah.

2. Pemanasan
Menulis juga harus melakukan pemanasan. Seperti apa?. Pertama, kalian tulis apa yang kalian lihat disekitar kita. Misalnya aku melihat handbody, skincare, pelembab di atas meja make up. Lalu, tulis deh kata-kata itu yang muncul di otak aku. Semua kata yang muncul di otak kita, kita langsung menulis di buku. Ingat menulis di buku.  Kenapa?  karena menulis di buku mempunyai feel yang beda dibandingkan di laptop atau smartphone. Di buku kita bisa corat-coret atau malah bisa jadi menggambar kartun dari tulisan.  Tidak perkamu berpikir terlakamu keras untuk memunculkan suatu kalimat, tetap menulis apa yang muncul di pikiran kita.  Setelah membaca tulisan yang amburadul dan menemukan topik yang ingin ditulis langsung  deh mengetik di laptop. 


3. Mulai berdoa dan rileks
Berdoa kepada Allah | kundurnews.co.id

Selalu berdoa sebelum mengerjakan sesuatu, supaya apa yang dikerjakan itu sebuah hal yang positif dan bermanfaat. Berdoa menunjukkan rasa syukur atau meminta kemudahan  kepada Allah.


Rileks pikiran dan tubuh | www.jendelacito.info
Rileks pikiran dengan tidur. Mungkin dari mimpi bisa jadi bahan tulisan fiksi ataupun diluar nalar non fiksi. Maksudnya bukan ceritain mimpi kita ke publik. Tapi mendapat inspirasi dari mimpi tidur. Setelah tidur, pikiran akan menjadi fresh. Rileks juga bisa dilakukan dengan minum coklat panas atau minum kopi tuh di cafe sambil wifian gratis. Selain itu,  rileks bisa dilakukan dengan yoga. Yoga kan lagi keren tuh. Mengambil energi positif. 

4. Membuka  dan menjelajahi Platform Sosial Media. 
Pertama kali membuka Sosial media penuh dengan cuitan, foto pamer dan masih banyak. Dari sosial media inilah kita bisa melihat keunikan prilaku orang saat memposting, atau pembahasan apa sih yang lagi viral. 

Itulah tips aku, bagaimana cara kita sudah bingung bagaimana memulai menulis. Sering-seringlah menulis ya minimal update status di sosial media.

Yang lebih penting sebagai blogger jangan sampai copy paste tulisan artikel orang. Selain tidak menghargai orang lain, kamu termasuk orang yang kurang kreatif. 



Share:

3 comments: