Uniknya Kepribadian Introvert Pada Saat Berinteraksi, Coba Cek Kalau Kamu Introvert!


Aku sudah menulis 2 artikel mengenai diriku yang seorang introvert di blog ini. 

Masih belum puas aku menyebutkan tingkah laku introvert yang super aneh gitu. Jadi, aku tuangin pikiran itu lagi disini.

Introvert itu identik dengan pribadi yang pemalu, pendiam, dan bijaksana (emang iya?). Aku punya beberapa pengalaman unik soal interaksi dengan orang lain entah dia introvert atau ekstrovert.


introvert


1. Pada saat perkenalan

 Ketika pertama kali masuk SMA Jakarta, aku takut bertemu banyak orang baru dan berpikir bagaimana bisa berteman dengan mereka. Tidak ada satu orang pun yang aku kenal. Wajar, sebelumnya aku sekolah di Pekanbaru. 

Setiap pulang sekolah, aku sering ditanya sama tante aku " Put, gimana udah punya teman belum?". aku jawab dengan jujur "belum tan". trus aku lanjut bicara "Putri tidak mau kenalan duluan". ahahahahah aku sombong banget ya. 

Bagaimana aku punya teman baru? yah pastinya komunikasi dan interaksi serta adaptasi. Perlu diketahui, Introvert itu sulit berkomunikasi dengan orang yang baru atau yang tidak akrab dengan dirinya. Terkadang aku memaksakan diri ku berkenalan dengan teman baru dengan alasan "gue engga bisa dapat informasi apa-apa lagi kalau bukan dari dia". Ternyata aku suka memanfaatkan orang ya ahahahah.

Pernah pada saat buat grup atau kelompok, dalam satu grup itu harus sudah saling kenal nama satu sama lainnya. yang lain pada sibuk jabat tangan, perkenalan di depan ku, dan say hi, sedangkan aku malah diam diri, dan memperhatikan mereka sambil nyimak nama-nama mereka.


2. Kumpul keluarga

momen merayakan lebaran, dimana waktunya keluarga besar sering kumpul-kumpul di rumah atau rumah sanak saudara. Biasanya pada saat kumpul, semua asyik mengobrol. aku lebih memilih di kamar main laptop atau di luar atau depan rumah saudara cari angin. bukan supaya mau masuk angin ya. Kadang, aku sering ditanya-tanya sama mereka lalu, langsung kabur. Perlu diketahui, introvert kurang tertarik bersosialisasi.


3. Via Telepon atau Panggilan Video (Video Call)

kring kring kringg.. nada dering handphone berbunyi. Apa yang aku lakukan?. I'm Panic. Aku panik sepanik-paniknya. angkat, tidak, angkat, tidak, jawab, tidak, jawab. Tapi ini harus dijawab. Ujungnya sih dijawab sambil menghela nafas dan tarik nafas kembali. Memang kelihatan aneh banget. Bahkan kalau aku disuruh telepon orang lain. Aku harus mempersiapkan mental terlebih dahulu, atau menulis di kertas agar tidak lupa tujuan dari menelepon ke orang tersebut. Serius, sampai sekarang masih begini.

Bagaimana Introvert berkomunikasi dengan orang lain versi aku:
1. memilih diam dan berekspresi
bukan diam tidak mau menjawab sama sekali. tapi diam disini, aku memberi ekspresi seperti senyum, mata melirik, kepala angguk-angguk atau menggelengkan kepala dan banyak lagi. 

2. sedikit berbicara (Not Saying to much)
Ini menjadi pengalaman terburuk aku saat ujian lisan. ketika disuruh jelaskan, jawaban aku menjadi singkat dan pendek berbeda dengan aku menulis jawaban.

seseorang bertanya apa aja ke aku, aku bisa menjawab 4-8 kata dan setelah itu diam, dan nunggu ditanya hal lain. Seringnya aku tidak suka bertanya dengan alasan tidak ada topik yang bisa dibicarakan dengan lawan pembicara. 

Kenapa mereka sedikit berbicara? secara pribadi aku, aku merasa mereka tidak peduli dengan apa yang ku katakan. ini sering banget terjadi pada saat aku kumpul bersama teman. aku menganggap diriku monolog atau bicara sendiri. 

3. Terlalu banyak berpikir

tergantung pertanyaannya sih, kalau misalnya pertanyaan seputar tentang diri sendiri mah cepat. ngobrol di luar topik itu, yah harus berpikir dulu. karena kami (introvert) terbiasa dengan sering berpikir. cara berpikir kami ini lebih ke intinya.

4. Berbicara pelan
ini jawaban versi aku, sering aku menemukan teman ku yang berbicara pelan adalah introvert. saking suaranya pelan sehingga tidak dapat di dengar jelas oleh teman-temannya. mungkin kurang percaya diri dalam berkomunikasi. Tapi sih tidak semuanya begitu.

Apakah kamu seorang introvert? Apakah kamu memiliki pengalaman yang sama dengan cerita ku diatas?. 

Share:

2 comments:

  1. Saya punya sahabat yang introvert. Sifat-sifatnya kurang lebih sama dengan penjelasan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Introvert sendiri punya banyak jenis. Secara umum pasti banyak yang sama

      Delete