Blogger Jakarta

Header Ads

KBA Desa Lengkong Kulon Mewujudkan Masyarakat Desa Yang Sejahtera



Desa Lengkong Kulon

Kampung Berseri Astra (KBA)  merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang memgintegrasikan 4 pilar program yaitu kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan.

Melalui program KBA ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. 


Ada 78 Kampung Berseri Astra, dan 359 desa untuk program desa sejahtera. Salah satu KBA yang sedang berkembang yaitu Desa Lengkong Kulon yang berada di BSD.  Desa yang berada di tengah kota.


1. Pilar Kesehatan


Pilar kesehatan 
Kesehatan itu mahal. Kesehatan masyarakay memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dan indeks pembangunan manusia. Maka dari itu, kesadaran untuk kesehatan itu penting dan layanan kesehatan juga harus tersedia.

KBA melakukan program pembinaan rutin seperti program keluarga sehat dengan melakukan komitmen bersama tokoh masyarakat dan kader kesehatan.

Ruang lingkup Posyandu dan Posbindu berada area Masjid Istiqomah. Posbindu dilakukan secara jemput bola.

2. Pilar pendidikan


Membaca buku itu harus. Membaca buku bisa menghilangkan sifat lupa. Manfaatnya lagi bisa menambah wawasan. 

Astra memberikan fasilitas gerobak pintar. Dengan adanya gerobak pintar ini untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak.

Aku setuju banget dengan gerobak pintar. Anak-anak bisa berkumpul bersama untuk membaca. Dengan cara itu, anak-anak bisa jauh dari menggunakan handphone. Tidak hanya tersedia buku. Ada pula TV dan video yang mendidik. 


Kami pun mengunjungi Sekolah TK Azzahra yang tidak jauh dari Masjid Istiqomah.

Nampak dari luar TK, saya melihat anak-anak menari di atas panggung. Saya pun segera masuk melihat mereka lebih jelas.

TK Azzahra tidak hanya mengajarkan dibidang akademik saja. Ada program lain yang diajarkan di sekolah ini yaitu menanam tanaman toga. Anak-anak bisa mengenal tanaman dan mencintai tanaman. Di depan TK Azzahra sudah ada tanaman toga yang ditanam oleh anak-anak murid TK.

3. Pilar Lingkungan


Letak Kebun Sabilulungan Desa Lengkong Kulon berada di kawasan tempat pemakaman umum. Jadi merinding ya...  Eh bukan gitu. 

Kenapa lokasinya di TPU?  Semakin banyak populasi penduduk Desa Lengkong Kulon, tanah lahan pertanian dialih fungsikan menjadi tempat pemukiman warga. Maka dari itu, sebagian lahan TPU digunakan untuk pertanian dengan luas 400 meter persegi. 

Sistem pertanian yang digunakan dengan cara organik yaitu alami dan tidak menggunakan pestisida. Jadi aman dong untuk di konsumsi. 

Membuat pupuk kompos cair

Kebun Sabilulungan mengembangkan pupuk kompos cair dengan memanfaatkan dedaunan dan batang sayur yang tidak digunakan, dimasukkan tong sampah dan diberi cairan pembusuk alami. 

Astra Daihatsu memberikan donasi berupa bibit 600 pohon mangga dan rambutan dalam rangka program 1 miliar pohon pada tahun 2017 lalu. Bantuan bibit pohon 300 mangga dan 300 rambutan ini diharapkan membantu meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menjadi salah satu kegiatan CSR PT Astra.

4. Pilar Kewirausahaan


Hasil tanaman dipanen, lalu dijual deh oleh para wirausaha KBA Desa Lengkong Kulon.


Selain itu,  ukiran kayu untuk hiasan di rumah juga dipasarkan dan barang-barang bekas milik warga.

Adanya pilar kewirausahaan ini semoga masyarakat KBA Desa Lengkong Kulon meningkatkan perekonomian desa, dan meningkatkan kreatifitas untuk berkarya.

Post a Comment

Post a Comment