Siapa Bilang Menjadi Pengusaha di Zaman Now Itu Sulit?



Aku kuliah di salah satu Universitas ternama di Banten. Aku mengambil jurusan agribisnis atau dulu menyebutnya Sosial Ekonomi Pertanian. Alm. Bob Sadino adalah sosok pengusaha dibidang sektor agribisnis yang aku kagumi. Gaya fashionnya sangat sederhana yaitu menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Bahkan Bob pernah bertemu dengan mantan Presiden Soeharto dengan memakai celana pendek.. Tapi, Pak Soeharto tidak menyikapi gaya pakaian Bob.

Selain itu, Bob Sadino sering mengisi seminar motivasi tentang kewirausahaan. Aku suka semua kutipan Bob Sadino, tapi yang ini aku sukai diantara lainnya
Orang pintar beranggapan untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir dia pun bisa berbisnis
Aku setuju dengan kutipan itu, karena membuka usaha itu tidak harus berpendidikan tinggi. Di Kampus mengajarkan banyak teori, tetapi hasilnya belum tentu sama. Siapa saja bisa berbisnis asalkan niat dan tidak banyak mikir mau buka usaha apa. " Goblok" merupakan kata yang sering digunakan Bob Sadino. Bob pernah mengatakan bahwa dia adalah orang goblok yang berani melangkah, dibandingkan orang pintar yang kebanyakan berpikir namun tidak pernah melangkah. Bob Sadino memang sangat menginspirasi bagiku.

Zaman sekarang banyak anak-anak muda yang mempunyai penghasilan sendiri. Penghasilannya bukan tiga, empat jutaan, melainkan  belasan bahkan puluhan jutaan dalam sebulan. Kok bisa yah?. Salah satu profesi yang mereka jalani dengan penghasilan sangat besar adalah entrepreneur.  Wah, jadi ingin menjadi pengusaha deh kalau begitu. Tapi, kamu harus tahu terlebih dahulu kenapa kamu memilih menjadi pengusaha?.

Setelah lulus sekolah atau kuliah, mereka memilih untuk mencari pekerjaan. Nah, mencari pekerjaan itu mudah karena banyak sekali info lowongan kerja di website, dan di kertas yang ditempel didinding kantor. Sayangnya, banyak yang tidak lolos atau tidak terpilih menjadi pekerja di perusahaan tersebut. Inilah 4 alasan kenapa kamu memilih menjadi pengusaha:

  1. Membuka lapangan kerja sendiri.
    Dengan membuka lapangan kerja sendiri, kamu tidak perlu susah payah bawa map kesana kemari mencari pekerjaan. Kamu tinggal memilih dimana lokasi tempat usahamu. Tentunya kamu harus mengetahui lingkungan dan target sasaran sekitar tempat usaha yang akan kamu jalankan.
  2. Menjadi Bos 
    Tidak suka diperintah atau disuruh-suruh orang. Tugas belum kelar malah ada tambahan lagi. Mau resign saja...Kalau kata Bob Sadino mah " Kamu ini bangun pagi, mandi,pamit kerja,pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam, bayaran ngga seberapa. Kerja apa dikerjain?".
    Dengan mempunyai usaha sendiri, kamu secara tidak langsung ditetapkan sebagai Bos yang mempunyai karyawan yang dapat meringankan tugas. Walaupun usahanya tidak berskala besar. Tetapi menjadi Bos di tempat sendiri lebih membanggakan dibandingkan menjadi karyawan di perusahaan ternama. "Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apapun usaha anda, Anda adalah BOS-nya" kutipan Bob Sadino
  3. Menjadi kreatif dan belajar berbisnis
    Mau jadi pengusaha itu harus kreatif. kenapa? karena banyak pesaing yang akan bersaing untuk menarik perhatian konsumen dari segi harga dan produk. Munculnya banyak pesaing membuat kamu menjadi belajar bagaimana berbisnis dengan benar dan konsisten. Belajar menghadapi risiko yang besar, dan berani bangkit dari kegagalan itu hal yang sulit namun harus dilakukan oleh entrepreneur sejati.
  4. Menjadi Orang yang bermanfaat bagi orang lain
    Produk yang dijual atau jasa yang digunakan, memberikan manfaat bagi konsumen. Selain itu, membuka lowongan kerja bagi orang lain sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.  

Hadirnya GeTI di Era Industri 4.0

industri 4.0 | sumber:www.liputan6.com

Memasuki era Industri 4.0, Pemerintah telah meluncurkan Making Indonesia 4.0 yakni peta jalan (road map) merupakan strategi untuk memberi arah yang jelas bagi pergerakan industri di masa depan.

"Industri 4.0 merupakan perjalanan dibidang inovasi dan teknologi. Kuncinya ada tiga: Sumber daya manusia, teknologi dan inovasi, namun khusus di Indonesia yang kita pacu adalah empowering human talents" Airlangga Hartanto- Menteri Perindustrian.
GeTI | Sumber: www.geti.id

GeTI (Global Entrepreneur and Talent Incubator) hadir sebagai lembaga pendidikan informal-incubator bagi percepatan kemampuan wirausaha melalui sarana, prasarana dan networking bertaraf Internasional. GeTI membangun ekosistem pengembangan usaha mulai dari peningkatan kemampuan Digital Marketing, menyediakan infrastruktur pendukung usaha seperti barang,pengetahuan ekspor, hingga membuka jalur-jalur cepat pertemuan dengan pembeli internasional.

GeTI merupakan bagian dari ATT  Group, mitra global resmi  dari Alibaba.com. Konten GeTI yang dapat diberikan kepada peserta terdiri dari Implementasi Nyata dan operasi, wirausaha, dan Ecommerce Ecosystem.

Ecommerce Ecosystem (35%)
1. Untuk menginspirasi siswa dan individu untuk terlibat kegiatan bisnis eCommerce.
2. Untuk membangun kesadaran peserta tentang saat ini dan masa depan tren ekonomi digital global.
3. Untuk membangun kesadaran peserta tentang perubahan dalam bisnis pola pikir sebagai konsekuensi dari transformasi digital global.

Wirausaha (25%)
1. Untuk menginspirasi siswa untuk mengejar dan menciptakan aktivitas kewirausahaan bisnis pada platform E-Commerce.
2. Untuk memberikan dasar kepada peserta pengetahuan tentang bagaimana memimpin internasional bisnis E-Commerce.

Implementasi Nyata dan Operasi (40%)
Untuk memberikan peserta dengan yang nyata program / produk / lingkungan yang mengarah pada menguasai operasi E-Commerce .


Membuka Usaha Dropship dengan DETALASE

Pemaparan materi Detalase| Dok.pri

Emang mudah ya jadi pengusaha? Menjadi pengusaha kan butuh modal yang sangat besar? modal sewa tempat, modal produksi, biaya pengiriman, dll.

Tenang.. Santai aja dulu..

Di era digital sekarang, pengusaha tidak harus membangun atau menyewa tempat usahanya. Cukup mempunyai dan mendaftar akun di platform E-commerce, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa atau bangun tempat usaha. Dimanapun kamu berada kamu masih bisa melakukan penjualan dengan online.

Lalu, bagaimana dengan produk? malas membuat produk, butuh waktu seharian membuat produk, mengeluarkan biaya buat  bahan baku dan ongkos transportasi deh...

Mau jadi pengusaha tidak boleh malas dan mudah mengeluh. Untuk solusi dari pertanyaan diatas adalah dengan cara metode Dropship. Dropship adalah metode  jual beli online dimana penjual tidak melakukan stok barang dan pengiriman barang ke konsumen. Tugasnya Dropshipper adalah mengupload foto-foto produk suplier ke sosial media dan platform E-commerce kemudian memesan produk yang diinginkan konsumen. Platform terbaik dan terpercaya untuk dropship adalah Detalase.

Detalase launch pada 1 November 2018. Detalase mempunyai misi untuk membangun sebanyak mungkin Onlinepreneur di Indonesia dengan menyediakan produk, jasa logistik, metode pembayaran yang aman dan customer service yang responsif. Siapapun bisa berjualan secara online dengan mudah dan gratis, tanpa perlu menyetok barang.

Adapun 8 Keunggulan dari Detalase:
  • Bebas Biaya. Full tanpa biaya apapun.
  • 2 juta varian produk. Banyaknya pilihan produk, kamu bisa memilih dan siap untuk dijual.
  • Tanpa perlu stok. Jadi, barang yang dipesan oleh konsumen langsung dikirim.
  • Tidak perlu install aplikasi atau software yang ribet dan memakan banyak kuota dan memori.
  • Barang pasti dikirim. Tak usah khawatir, karena detalase sudah menjalin kerjasama dengan Perusahaan Logistik yang terpercaya di Indonesia.
  • Quality Control terbaik. Setiap barang yang dikirim ke konsumen sudah melalui pengecekan yang ketat.
  • Tanpa pusing soal pajak. Detalase memiliki izin impor dan ekspor resmi dan mengurus proses Bea Cukai di Indonesia.
  • Transaksi 100% aman. Sistem pembayaran otomatis tanpa perlu konfirmasi dan menjamin refund 100%.
Cara kerja pada Detalase.com
1. Registrasi di web Detalase. Registrasinya mudah bisa melalui gawai atau pc. Lengkapi profil data pribadi sesuai dengan KTP dan mengunggah foto memegang KTP serta foto KTP.

www.detalase.com
isi biodata sesuai dengan KTP | www.detalase.com
2.Pilih Produk yang akan dijual, kemudian klik gambar produk dan "add to product" setelah memilih varian produk. Banyak kategori produk dan pilihannya. Harganya produk Detalase masih terjangkau.
Untuk melihat produk yang telah dipilih, masuk ke menu Produk Saya . Unduh data dan gambar tersebut.

pilih produk | www.detalase.com

3. Upload atau jual produk ke platform E-commerce atau sosial media.

4. Pilih Buat Pesanan di Detalase saat konsumen membeli produk. Detalase akan memproses barangnya.

Buat Pesanan | www.detalase.com
5. Lihat semua riwayat pesanan dan nomor resi pengiriman pada menu Pesanan Saya. Kamu bisa menghitung estimasi harga dan waktu pengiriman di menu Hitung Ongkos Kirim

6. Pengiriman barang langsung oleh Detalase ke pembeli.

7. Jika tidak menemukan produk yang diinginkan, beri tahu Detalase di menu Whislist !. Detalase akan mencarikan produk yang kamu butuhkan.
Menu Wishlist | www.detalase.com

fasilitas working space| dokpri
Setelah kamu daftar di Detalase, kamu juga mendapat fasilitas working space di Grand Slipi Tower.

Jadi, siapa yang bilang menjadi pengusaha di zaman sekarang itu sulit?. Kamu bisa belajar di GeTI dan menjadi Global Digital Entrepreneur Handal. Kamu pun bisa membuka usaha dropship di Detalase. Intinya adalah niat dan kerja keras.

Terimakasih





Share:

No comments:

Post a Comment