Tips Dekorasi Rumah Menjadi Spot Instagramable

Rumah spot instagramable | grid.id

Instagram merupakan platform sosial media yang banyak diminati masyarakat di Indonesia. Dikutip dari wartakota.tribunnews.com Tahun 2017, ada 45 juta orang di Indonesia pengguna aktif instagram. Jumlah ini meningkat hampir 100 persen dibandingkan tahun 2016 dengan 22 juta pengguna. Instagram biasanya digunakan untuk share aktifitas sehari-hari, informasi, sosial (seperti bantuan untuk orang-orang yang tak mampu), dan bisa berbisnis.

Menciptakan feed instagram yang menarik agar pengunjung mampir berkunjung ke instagram kita, menjadi  follower, memberi like dan komentar. Kita harus mengupload foto atau video yang terbaik karena instagram lebih menonjol ke arah gambar dibandingkan tulisan. Pakaian, dan tempat biasanya sering menjadi perhatian para pengunjung Instagram kita. Apalagi tempat-tempat yang jarang mereka ketahui.

Bicara tempat-tempat instagramable menjadi incaran para hunting foto , kita bisa memilih tempat baik itu di out door (pantai, gunung, lapangan, dan wisata alam), atau in door (café, hotel, museum, rumah dll). Nah, kalau di outdoor itu kita harus melihat kondisi dari cuaca dan pergantian pagi, siang dan malam yang mana lebih baik. Sedangkan in door hanya mengandalkan cahaya dari lampu maupun cahaya matahari dan benda-benda unik didalamnya. Sebenarnya, kita tidak perlu keluar rumah untuk mencari spot instagramable. Di rumah sendiri pun bisa kita dekorasinya dengan menata lebih rapi.

"Rumah sendiri? Aku masih bingung mencari rumah..."
Indonesia Properti Expo 2019 | dokpri

Nah, buat kamu yang masih bingung mencari rumah untuk pribadi, investasi atau tinggal di apartermen. Yuk kunjungi Indonesia Properti Expo yang sedang berlangsung sampai tanggal 10 Februari 2019 nanti di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC) . Tiket masuknya free alias gratis, dan kamu dapat kesempatan untuk memenangkan undian yaitu Mobil Daihatsu Ayla yang diumumkan akhir acara..

Kalau kata kakak harga rumah setiap tahun bisa naik puluhan jutaan loh.  Daripada kebanyakan mikir,  mending kunjungi pameran Indonesia Properti Expo.

IPEX 2019 | dokpri

IPEX Februari 2019 melibatkan 150 peserta developer dan menampilkan 600 proyek properti dengan harga dimulai 130 juta rupiah dalam jangka waktu kredit 30 tahun. Pameran bertajuk "Pesta KPR BTN", Bank BTN memberikan beragam promosi khusus masyarakat diantaranya suku bunga KPR 6,69% dan uang muka 1%.

Pada tanggal 3 Februari 2019, Aku menghadiri event talkshow mengenai Minimalis Modern Living . Dihadirkan moderator yaitu Teh Ani dan dua Narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Mba Adelya Vivin Kumidaninggar dan Mba Irma Alaydrus.


Pemilihan Tema  Dekorasi Pada Rumah Terinspirasi Dari Media Sosial.

Adelya Vivin | dokpri

Mba Adel menjelaskan secara global ada empat  jenis tema rumah yaitu, minimalis, japanese, boho dan industrial.
  • Tema Minimalis
    Minimalis |https://www.dekoruma.com

      Dalam arsitektur minimalis, elemen desain berusaha untuk menyampaikan pesan kesederhanaan, bentuk geometris dasar, elemen tanpa dekorasi, bahan sederhana dan pengulangan struktur mewakili rasa keseragaman dan kualitas penting. Pergerakan cahaya alami pada bangunan mengungkapkan ruang yang sederhana dan bersih.

      Ciri khasnya: tidak banyak perabotan, simple, dan dinding berwarna putih.
    • Japanese
      Japanese |https://www.arsitag.com

      Desain interior Jepang dan rumah mereka dipandang sebagai salah satu perwujudan minimalis terbesar di Dunia saat ini. Terlepas dari keindahannya yang sempurna, desain interior mereka juga dikenal karena kombinasi kesederhanaan, ketelitian,dan kecanggihannya. Ciri khasnya banyak menggunakan warna kayu dan putih.

    • Bohemian

    Bohemian |Glitzmedia.co

    Dekoras Bohemian atau Boho adalah bagi mereka yang ingin rumah mereka penuh dengan kehidupan, budaya, dan barang-barang untuk dilihat oleh seluruh dunia. Estetika ini terlihat dihadapan sensibilitas modern dan merangkul yang riang,santai, dan tidak biasa. Ciri khasnya warna sofa abu-abu, lantai rumah memiliki warna kayu, terdapat tanaman. Mba Adel sendiri juga memakai tema Bohemian.

    • Industrial
      Industri |Fabelio.com

      Gaya industri mengacu pada tren estetika dalam desain interior yang mengambil petunjuk dari pabrik-pabrik tua dan ruang industri yang dalam beberapa tahun terakhir telah dikonversi loteng dan ruang hidup lainnya. Gaya desain industri paling umum ditemukan di daerah perkotaan. Tema industri juga merupakan perpaduan 3 tema diatas.Ciri khasnya memiliki warna hitam.
    Mba Adel menambahkan bahwa rumah tampak instagramable dengan bisa menambahkan tanaman hidup, sehingga rumah terkesan lebih hidup contoh tanaman palem, monstera, tanaman ara, tanaman karet.

    Tanaman mati juga bisa ditambahkan di dalam rumah sebagai hiasan. Biasanya diletakkan diatas meja ruang tamu.

    "Ah.. Bosan dengan style itu itu terus.."

    Yah kamu bisa menukar satu prabotan ke tempat yang lain atau mengecat perabotan tersebut. Contohnya lemari. Dengan itu, kamu tidak perlu mengeluarkan budget banyak.

    Memilih tema dan mendekorasi ruangan dalam rumah seperti spot instagramable. Lanjut deh,  bagaimana sih mengetahui cara dokumentasi yang baik untuk instagramble.

    Irma Alaydrus | dokpri

    Nah, Mba Irma ini jago di bidang fotografi. memberikan tips dan cara-caranya agar foto interior menjadi menarik

    1. Straight Line
    Jangan mengambil gambar dalam posisi smartphone atau kamera dengan miring. Kamu bisa menggunakan rule of third pada kamera. Bisa juga menggunakan aplikasi seperti Snapseed setelah difoto.

    2. Multiple Angles
    Ambil gambar dari sudut manapun seperti high angle,  low angle, dan eye level. Jangan hanya sekali, supaya kamu bisa melihat perbedaan dan memilih satu foto yang terbaik untuk di upload.

    3. Soft Texture
    Menambahkan ornamen yang sesuai dengan objek utama misalnya bantal dan selimut.

    4. Table Decoration
    Mendekorasi meja bisa dilakukan dialasi oleh taplak meja, kemudian meletakkan barang-barang seperti buku, majalah, tanaman, mainan (papan catur,  scrable, dll) diatasnya

    5. Natural Light
    Gunakan cahaya matahari dan reflektor untuk mendapatkan penerangan yang maksimal. Gunakan shutter speed dan mode pro, sehingga menghasilkan gambar dengan pencahayaannya yang baik.

    Kamu bisa letakkan cermin didepan kursi, berlawanan dengan cahaya dan lampu ruangan dimatikan, sehingga tidak muncul shadow.

    Interior desain yang Mba Irma sukai adalah Scandinavia Style yaitu memiliki ciri minimalis, sederhana (tidak banyak barang) , fungsional (perabotan memiliki fungsi),  dan tone senada.

    Style Scandinavia | dream.co.id
    Mba Irma menjelaskan lighting itu penting dalam dokumentasi. Di dalam ruangan bisa membutuhkan lampu atau sinar cahaya matahari. Lampu-lampu gantung dan stand lamp juga mendukung dalam lighting dan menambahkan aksesoris dalam ruangan.

    Tangga biasanya digunakan sebagai alat naik ke atas genteng, bisa juga digunakan sebagai menggantung di dalam ruangan. Paling penting dapat memperindah isi ruangan.

    "Bagaiman dengan anak kecil yang sedang aktif mencoret dinding?.  Sebagai orangtua kan tidak bisa membatasi kreatifitas anak?"

    Untuk menutupi background  atau dinding dengan aplikasi editor yang mampu menghealing coretan anak.

    Kamu bisa mencari inspirasi lainnya di sosial media dan menonton acara televisi. Semoga bermanfaat


    Share:

    No comments:

    Post a Comment