Yuk Cari Properti Impian di Indonesia Properti Expo 2019

Mencari properti di IPEX 2019

Mempunyai properti impian sendiri merupakan salah satu cita-cita saya. Harga properti tiap tahun semakin naik, saya atau kamu yang generasi milenial yang belum mempunyai rumah untuk tidak menunda membeli rumah dibandingkan membeli barang konsumtif atau jalan-jalan. Properti yang saya impikan adalah rumah mungil atau minimalis.
Talkshow Blogger Gathering

31 Juli 2019 saya pergi ke Jakarta Convention Center (JCC) menghadiri event talkshow blogger gathering yang bertema serba-serbi menata rumah di Indonesia Properti Expo (IPEX) Hall B yang dibuka oleh moderator yaitu teh Ani Berta.

Materi pertama dibawakan oleh mba Adelya Vivin mengenai small space living . Kebetulan pas banget dengan saya yang ingin rumah mungil tetapi barang-barang bisa ditata rapi tanpa perlu menumpuk. Tantangan memiliki rumah mungil adalah space yang lebih sedikit dengan gaya hidup sederhana.

Mba Adel memaparkan materinya

Tentunya kita harus buat tahap-tahap perencanaan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi rumah mungil yang sesuai keluarga.

1. Menentukan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan keluarga.
2.  Mengenal karakter diri sendiri, dan keluarga.
3.   Perbanyak referensi hal-hal yang disukai. Kita bisa lihat referensi di pinterest dan youtube.
4. Menghitung budget yang tersedia.

Mba Adel menjelaskan tema-tema rumah yang bisa kamu contoh yaitu tema bohemian, tema japanese modern, skandinavia, french country dan rustic. Mba Adel memiliki rumah mungil dengan tipe 33/60 mengambil tema japanese modern dan sedikit skandianvia tetapi bisa tertata rapi dan instagramable. Kalau masih penasaran, kamu bisa melihat di instagram mba Adel @adelyavk.

Ketetapan membeli furniture sesuai dengan tone warna tema rumah sehingga isi rumah rapi dan menarik saat dipandang. Warna cat tembok putih bisa dijadikan pilihan karena memberi kesan ruangan lebih luas.

Kamu bisa memberi lighting untuk pencahayaan yang optimal di rumah baik yang natural lighting berasal dari skylight dan jendela yang besar maupun lighting buatan seperti pendant lamp dan standing lamp.

Sirkulasi udara diletakkan di ruang tamu menggunakan jendela yang besar, di ruang dapur dengan menggunakan cooker hood untuk menghilangkan sisa lemak, bau,asap dan panas dan juga di ruang kamar dan kamar mandibmenggunakan exhaust fan.

Masih semangat dengan event yang menarik ini. Materi kedua dibawakan oleh narasumber mba Zata Ligouw.

Para blogger sudah tidak asing dengan nama atau orangnya. Nah, mba Zata membagi tips dan trik menata ruang kerja.

Sebagai blogger yang bekerja di rumah tentu membutuhkan ruang kerja agar fokus untuk menulis yang baik. siapkan tempat khusus untuk meja kerja, kita bisa letakkan di ruang keluarga,  ruang tamu, ruang makan, dll. Jika punya ruang lebih, bisa deh digunakan untuk ruang kerja.

Mba Zata Ligouw membagi tips dan trik ruang kerja

Apa saja yang dibutuhkan untuk ruang kerja? Mba zata menjelaskan ada 2 point yaitu :
-Meja yang pas
- Aksesoris (moodboard dan tanaman)

Pilih meja kerja yang sesuai dengan budget. Kalau sudah punya dan masih layak digunakan lebih baik menggunakan meja tersebut. Kalau belum punya meja kerja, cari meja kerja yang egronomis (tidak bikin pegel)

Kemudian, Memberi aksesoris diatas meja atau di ruangan kerja. Fungsi memberi aksesoris untuk menunjang pekerjaan, menaikkan mood bekerja, dan mempercantik ruangan. Kamu bisa menambahkan aksesoris seperti kalender, to do list, dan Moodboard.

Untuk membuat diy moodboard. Mom blogger yang satu ini mengatakan bisa menempelkan gambar-gambat dari berbagai majalah atau foto-foto koleksi pribadi, dan juga kutipan-kutipan untuk menyemangati saat kerja.

Jangan lupa memberi tanaman hidup di ruang kerja. Fungsi tanaman Hidup di ruang kerja sebagai berikut:
- meningkatkan mood, produktivitas, kesadaran mental, daya ingat dan konsentrasi
- mendatangkan kebahagian
- mengurangi stress
- membuat rileks dan kenyamanan.

Ternyata terbukti oleh penelitian Universitas Michigan bahwa memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga 20%. Pengaruh alam di ruang kerja, membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.

IPEX 2019 digelar mulai tanggal 27 Juli 2019 hingga 4 Agustus 2019. IPEX menjadi sarana bagi Pemerintah untuk mempromosikan. Lebih dari 730 proyek yang ditampilkan IPEX terdiri dari rumah subsidi, rumah komersil, apartemen, condotel, dan condominium.

Harga yang ditampilkan bervariasi dan terjangkau, banyak pula promo yang bisa didapatkan seperti DP nol persen dan harga subsidi.
Share:

No comments:

Post a Comment