Halal Expo Indonesia 2019 Hari ketiga

Assalammualaikum teman-teman, kali ini aku mau share mengenai Halal Expo Indonesia 2019 di hari ketiga pada tanggal 8 Desember 2019 yang diadakan di ICE BSD Tangerang. Ini pertama kali aku datang ke HEI dan aku mengajak ponakan ku, Jihan untuk ikut hehe.
sumber: https://www.halalexpoindonesia.com/

Pendaftaran event Halal Expo Indonesia bisa melalui website maupun datang langsung ke lokasi, bisa  membayar dengan tunai atau cash atau debit di loket Hal 3. Kemudian ambil gelang barcode dan digunakan di pergelangan tangan. Tunjukin deh barcodenya sebelum masuk ke HEI.

Mengusung tema Halal Is Everything, Halal Expo Indonesia menjual banyak produk halal dari makanan, pakaian, jasa travel dan kosmetik, masih banyak lagi.

Acara dimulai jam 10.00, Acara dimulai oleh pembukaan MC, kemudian dilanjutkan Story Telling oleh  Ustad Cahyo dan Meet & Greet Nussa Rara.

Kalau haus pada saat acara tidak perlu khawatir karena sudah banyak galon air didalam ruangan. Tentunya harus bawa tumblr agar kita mengurangi sampah botol plastik. Ada ruang khusus untuk anak-anak dan playground kids, ruang menyusui dan toilet. 

Story Telling oleh Ustad Cahyo dan Meet & Greet Nussa Rara

Ustad Cahyo | dokpri

Ustad Cahyo Ahmad Irsyad menceritakan tentang dua anak kecil bernama Azzam dan Didu yang membicarakan tokoh pahlawan favorit. Didu menyukai karakter superhero marvel, sedangkan Azzam yang menyukai sosok Rasulullah.

Ustad Cahyo memberi nasihat kepada audience bahwa banyak dari kita yang tidak mengenal tokoh -tokoh ilmuwan islam. Contohnya Abbas Ibnu Firnas adalah sosok ilmuwan perancang pesawat terbang pertama. 
Sumber: https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/

Yaa.. alasan utama aku mengajak ponakan ikut Halal Expo Indonesia karena Jihan kagum dengan Nussa dan Rara. Bahkan aku dan Jihan senang bisa melihat langsung pengisi suara Nussa dan Rara.

Muzzaki dan Ocean (pengisi suara Nussa dan Rara) mengajak anak-anak menyanyikan beberapa lagu di series Nussa.

Sharing Sesion Comunity Lifemovement 

https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/

Lifemovement merupakan komunitas muslim yang fokus dibidang parenting. Kegiatan apa aja sih yang ada di lifemovement?. Jadi, selain silaturahmi antar satu keluarga dengan keluarga sesama muslim lainnya, ada kajian, dan kegiatan yang bermanfaat sesuai dengan minat dan bakat yang bisa disebut Ecolifesystem. Ecolifesystem terdiri Lifestore, lifegarden, lifefood, lifesport, lifefarmer, dan lifelearningcenter.

Lifemovement percaya bahwa sebuah peradaban dimulai dari keluarga. di Lifemovement membuat sebuah gerakan seperti gerakan untuk menghidupkan peran ayah kembali ke rumah.

Anak yang hebat dimulai dari orang tua yang hebat. Islam mengajarkan begitu lengkap dari hal terkecil sampai hal terbesar. Apakah konsep pendidikan yang orang tua terapkan bisa membawa anak sesuai fitrahnya?. 

Wah menarik banget kan.. Kalau mau join bisa cek di instagram Lifemovement dengan klik disini.

HEI SPEAK 1 - Konten Untuk Anak-Anak, Yes Or No?

Berbicara mengenai konten, banyak content creator yang membuat konten hanya untuk kepentingan dirinya meraup uang tanpa berpikir apakah konten yang dibuat dapat bermanfaat buat orang lain atau tidak. Terutama anak-anak. Karena ketika anak-anak mengkonsumsi konten, yang bisa mempengaruhi mereka. Ambil saja contohnya challenge dan prank. 

HEI Speak 1 diisi 3 Narasumber yang berkompeten yaitu Benakribo selaku Content Creator, Ustad Handy Bonny, dan Adittoro selaku animator.
https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/


Siapa sih yang tidak kenal Benazio Putra dikenal dengan sebutan Benakribo. Memulai membuat konten di tahun 2008. Bena merasa mengalami perbedaan membuat konten dulu yang damai dengan zaman sekarang. Konten yang ia miliki sudah banyak pengunjung, dan jumlah follewers pun juga banyak tanpa membeli. Bena merasa dengan bertambah jumlah followers bahwa banyak menginfluence banyak orang artinya Bena harus bertanggung jawab atas konten yang dibuat. 

Dulu Bena sering menggunggah konten yang komedi dan receh, namun sekarang Bena merasa apakah konten yang pernah ia buat ada manfaatnya atau tidak, sehingga kini Bena membuat konten kearah edukatif dan informatif. Bena juga membuat konten yang disebut "LEVEL UP", konten ini khusus untuk anak muda dan mencoba untuk berbagi konten mengenai parenting. Menurut Benakribo membuat konten edukatif itu sulit dilihat dari selera anak-anak zaman sekarang yang menyukai komedi dan menghibur.

Kebanyakan orang melakukan sesuatu selalu prioritaskan uang. Bang Bena sharing untuk mengubah mindset, agar mencari pahala. Tidak usah memikirkan jumlah like, karena itu racun.

https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/

Adittoro menjelaskan sosok Nussa sebagai tokoh utama kartun yang difabel hadir untuk kebutuhan dan panggilan. Sebelumnya, Adittoro dan tim melakukan riset keluarga, dimana orang tua menenangkan buah hati dengan cara memberi tontonan video di tablet atau gadget di suatu restoran. Ketika mereka selidiki tontonan yang dikonsumsi anak-anak ialah trending youtube. Sayang sekali top terartas di youtube belum tentu dapat memberikan manfaat. Karena anak adalah aset. Seharusnya peran Content Creator membuat konten yang mengajarkan hal-hal positif yang dasar ke anak-anak dan keluarga bersifat fun. Makanya terciptalah sosok Nussa untuk anak-anak. 

Episode pertama Nussa memberi pesan membaca bismillah sebelum melakukan kegiatan menjadi kebiasaan yang dilakukan anak-anak.

sumber : https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/


Ustad Handy Bonny meresahkan kepada orang tua zaman sekarang yang selalu memberi smartphone untuk anak-anaknya agar tenang dan tidak nangis. Seringkali kasus terjadi orang tua marah ketika anak merusak handphone, sedangkan orang tua tidak marah kalau anak dirusak handphone (konten negatif). Maka ada kecendrungan generasi yang luar biasa yaitu generasi Z dan generasi alfa sama-sama mencari informasi dari handphone.

You become what you see.. Kamu menjadi sesuatu  apa yang kamu lihat contohnya suka mengkonsumsi apa saja tentang Korea, kamu akan menyukai semua tentang Korea, selalu bicarain tentang K-Pop, K-drama, dll, sampai mencintai semua tentang Korea.

Ada satu ayat yang luar biasa bunyinya seperti ini
"Katakanlah (wahai Muhammad): jika kamu mencintai Allah maka ikutilah Aku (Rasulullah), maka Allah akan mencintaimu dan Allah akan mengampuni dosa-dosamu." QS Ali Imran ayat 31.

Film series Nussa dan Rara mengajak para menonton mengikuti Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dari hal yang sederhana. Seandainya kamu tidak bisa berdakwah melalui video, dan animasi jangan menyinyir, bantu dengan share dan beri like, artinya ada suatu perubahan yang besar di diri kita yang tidak bersifat apatis. 

Esensi Halal Dalam Alquran dan Sunnah - Ustad Adi Hidayat, Lc., MA

https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/

Manusia mempunyai 3 unsur:

1. Fisik/Tubuh
2. Ruh
3. Akal

Bagaimana kita bisa mengabungkan semuanya tanpa ada masalah. Pertama FISIK, yang sehat terdapat pada makanan yang sehat dan halal, karena Halal adalah ibadah. Jadi, Semua yg dilakukan oleh tubuh/fisik adalah ibadah untuk taqwa dan beribadah kepada Allah SWT.

Yang ke2 adalah RUH, yang tahu hanya Allah, karena ruh ini adalah peran yang paling penting dari ke 3 unsur ini. Maka Allah SWT yang tahu cara memberikan makanan untuk ruh, Karena yang halal akan membuatnya jadi sehat.

Yang terakhir AKAL, kalau yg ini diistimewakan hanya untuk manusia. Karena akal adalah kemampuan memahami dan memikirkan sesuatu, Jadi didunia ini manusia tidak ada yang bodoh. Manusia mempunyai keluasaan untuk bisa mendapatkan ilmu ilmu yang ada didunia ini. Agama kita sangat memuliakan akal sehat kerena kemampuan berfikir dan memahami sesuatu yang baik. Menyimpulkan pembahasan HALAL hati hati, memakan makanan yang haram. Karena itu bisa jadi penyebab doa di tolak. Untuk itulah perlu adanya HALAL EXPO INDONESIA, kita cukup memgetahui yang haram aj otomatis yang lain sisanya HALAL semua. Surat 2 ayat 168 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu".

Di antara ciri hamba yang bertakwa:

1. Senang makanan yang halal.
2. Senang beribadah.
3. Senang mendekatkan diri pada hal-hal yang Allah perintahkan.

Jadi hamba yang bertakwa itu akan selalu senang kepada yang halal. Kalau berbisnis dia berbisnis dengan cara yang halal. Kalau dia berdagang dia berdagang dengan cara yang halal

Kemudian, kalau dia mencari rezeki dengan cara yang halal pula. Semua yang masuk ke dalam tubuhnya baik itu makanan maupun minuman, juga apa yang dipakainya, dikendarainya semuanya berasal dari yang halal.

Hamba yang bertakwa senantiasa senang beribadah mengingat-Nya kapanpun, di manapun, dalam keadaan bagaimanapun. Ia akan selalu berusaha memprioritaskan Allah Ta'ala dalam setiap aktivitas kesehariannya. Dia akan takut melanggar aturan-Nya.

Kemudian hamba yang bertaqwa itu dalam dirinya selalu ada dorongan untuk mendekatkan diri kepada hal-hal yang Allah Ta'ala perintahkan. Ada perintah salat dia kerjakan. Ada perintah puasa dia kerjakan, perintah zakat dia tunaikan. Perintah haji atau umrah dia laksanakan (jika mampu). Segala perintah Allah ia kerjakan dengan penuh keikhlasan dan keridhaan.

Pesan Ustad Adi Hidayat,  kalau mau jadi hamba yang bertakwa, mulailah segala sesuatu dengan yang halal. Karena segala yang halal akan mendatangkan keberkahan. Membuat kita mudah beribadah dan melaksanakan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Semua ibadah yang kita kerjakan disebut dengan satu nama oleh Al-Quran, namana Dzikir. Sholat itu Dzikir  terdapat di surat Taha ayat 14 ,

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي
Artinya:Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.


baca quran juga dzikir terdapat di surah Al-Hijr ayat 9
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ 

Arti: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

doa pun termasuk Dzikir terdapat di Surat Al-A'raf ayat 205

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ 

Arti: Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

Bermuara Dari Yang Halal, Bermuara Di Surga - Ustad Oemar Mita


Apa sih yang kita cari di dunia? Apakah kepuasan atau bahagia?. Coba sekarang kita renungkan sejenak.

Seandainya yang dicari adalah kepuasan, maka pola hidup kita terus mencari kepuasan. Namun, jika kehidupan seseorang bermuara mencari kebahagiaan maka pola hidupnya berbeda dengan mencari kepuasan. 

Karakter Kepuasan diri terdiri 5 yaitu:
  • Gampang di raih
    Orang yang mencari kepuasan ingin mendapatkan dengan cara yang instan, dan tidak perlu melakukan yang merepotkan.
    Contohnya: seseorang ingin membeli mobil dengan cepat. cara instan yang ditawarkan oleh syaitan adalah dengan cara Riba . Seseorang yang merasa pusing dengan kehidupannya, kalau yang dicari adalah kepuasan. Caranya gampang dengan meminum minuman khamr, pergi ke diskotik kemudian dia senang dan hilang rasa pusingnya.
  • Menawarkan Sensasi sesaat
    Seseorang yang melakukan zina itu merasa puas bahkan akan bangga setelah berzina dengan wanita yang diincar. Pada saat berzina  ada kepuasan sesaat. Orang yang meminum khamr juga ada kepuasan sesaat. Itulah sensasi sesaat yang ditawarkan untuk orang-orang yang mencari kepuasan. Ketika seorang pemabuk diajak ngobrol, mungkin dia bisa tertawa. Tertawa bukan karna bahagia tapi karna puas.
  • Membabi buta serta tidak peduli halal dan haram
    Konsep kehidupan orang-orang yang mencari kepuasan adalah Work hard, play hard. Bekerja semaksimal mungkin supaya bisa menikmati hiburan semaksimal mungkin. Mereka tidak mau taat syariat islam dan tidak mau tahu dan tidak mengerti yang mana halal dan haram. Kepuasaan tidak mengenal halal dan haram, makanya ketika kita duduk berhadapan dengan orang yang mencari kepuasan akan sulit mendapat masukan dalam perkara halal dan haram.
  • Penggeraknya Syahwat
    minum khamr dan riba adalah syahwat. Semua transaksi yang ditawarkan hanya memuaskan kita itu dominasinya merupakan syahwat. Dalam kehidupan seseorang yang sibuk mencari kepuasan  dirinya maka penggeraknya adalah syahwat.
  • Bersifat merusak (menimbulkan depresi)Orang yang membuat maksiat dan mencari kepuasan dengan cara yang haram tidak ada merasa lapang hatinya. Kepuasan menjadi misi hidup, kepuasan bisa merusak diri dan menimbulkan frustasi. Karena kepuasan tidak berbanding lurus dengan petunjuk yang diberikan oleh Allah pada kita.

    Contoh kisah karier kapten Whip Whitaker yang berakhir dikarenakan dia seorang pecandu alkohol dan narkotika. 
Konsep orang yang beriman adalah bahagia. Bahagia lebih mahal dibandingkan puas. Mendapatkan bahagia itu butuh usaha. Orang puas belum tentu merasa bahagia, orang bahagia sudah pasti merasa puas. Makanya Allah mengabarkan kepada orang yang beriman pasti bahagia. Apapun keadaanya selalu bahagia.

Ada dua hal tentang kebahagiaan:
  • Bahagia itu ada bukan fatamorgana.
       Ustad Oemar Mita sering menonton orang agnostik dan liberal di youtube, mereka membuat narasi dan framing bahwa menjadi taat agama itu tidak akan bahagia. Coba kita bandingkan dengan anak-anak Palestina masih bisa tersenyum walaupun kehidupan terancam. Senyumnya orang yang puas dengan bahagia itu beda.

 Bisa ambil contoh kisah penyanyi terkenal yang depresi menggantung diri. Sang istri penyanyi tersebut mengunggah video yang diambil 36 jam sebelum bunuh diri. Di videonya menampikan Penyanyi itu tampak riang bersama keluarganya. Sang istri mengungkapkan bahwa depresi tidak memiliki wajah.

  • Bahagia itu diturunkan, tidak dicari
    Yang bisa memberikan kebahagiaan itu hanya Allah terdapat pada surat Al-Insyirah ayat 1 dan surat An-Najm ayat 43 yang artinya dan sesungguhnya hanya Dia, Allah yang dapat membuat seseorang tertawa atau menangis.

    Rekreasi bukan merupakan bahagia tapi kepuasan yang diperbolehkan. 
Bahagia itu sederhana. Cara menjalankan hidup agar bahagia yaitu menjalankan perintahNya dan jauhi laranganNya. Hilangnya bahagia karena dosa dan haram. Allah menurunkan kebahagiaan kepada orang-orang yang beriman.
meninggalkan larangan itu berbanding lurus dengan kecintaan Allah karena terbukti langsung cinta hamba kepada Rabb-Nya - Abu Bassam Oemar Mita


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Event ini berkesan buat aku. Aku berharap event ini bisa berlanjut setiap tahunnya. 
Intinya, Halal itu bukan sekadar logo, tapi bentuk beribadah kepada Allah. 


Sumber: 

https://www.instagram.com/p/B51QrAnApWm/
https://kalam.sindonews.com/read/1466582/69/ini-pesan-ustaz-adi-hidayat-di-acara-halal-expo-indonesia-1575831359
https://tafsirweb.com/2659-surat-al-araf-ayat-205.html
https://tafsirweb.com/4159-surat-al-hijr-ayat-9.html
https://tafsirweb.com/5256-surat-thaha-ayat-14.html

Foto:
https://www.instagram.com/halalexpoindonesia/

Share:

No comments:

Post a Comment