Apa itu Saffron dan Apa Saja Manfaatnya

https://bali.tribunnews.com/2018/07/28/rempah-termahal-ternyata-bukan-di-indonesia-dihargai-rp11-juta-per-kg-saffron-subur-di-india

Hai...Aku mau kenalin kepada kalian apa itu Saffron.
Saffron atau bisa disebut Kuma-Kuma merupakan salah satu jenis rempah-rempah dari bunga Crocus sativus ("bunga pacar"), sekaligus nama umum untuk tanaman Crocus sativus dari marga crocus famili Iridaceae.

Saffron adalah

Tanaman Kuma-kuma hanya selama satu minggu dalam satu tahun. Saat ini, safrfon paling banyak diproduksi di Iran dan beberapa di Kashmir. Salah satu alasan safrron menjadi rempah termahal di dunia karena proses pengolahannya. Kedua, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Proses memetik bunga safron setidaknya perlu waktu enam jam dalam sehari. Untuk menghasilkan 454 gram safron kering, diperlukan sekitar 75.000 bunga. Memetik safron merupakan tradisi keluarga yang dilakukan turun temurun. Proses pemetikan juga tidak mudah, sebab bunga ini hanya tumbuh enam inci dari tanah.
Safron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum seperti iodoform atau rumput kering yang disebabkan zat kimia bernama picrocrocin dan safranal. Safron mengandung crocin, salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan. Nah dari penjelasan ini kita jadi lebih tau dengan jelas perbedaan safron asli dan palsu.

Okeh.. lanjut aja dengan manfaat saffron

sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

Meskipun harga saffron terbilang mahal, rempah-rempah ini banyak dicari orang di dunia sebagai pengobatan tradisional. Adapun manfaat saffron sebagai berikut?
  • Mengobati penderita Asma
sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

Asma adalah penyakit heterogen dan peradangan saluran napas memiliki peran penting dalam patogenesisnya. Beberapa faktor nutrisi dapat mempengaruhi proses asma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa komponen aktif dari saffron seperti Safranal dan Crocin berfungsi sebagai anti-inflamasi dan Curcumin sebagai antioksidan yang memiliki efek untuk membantu mengurangi peradangan di paru-paru, sehingga memungkinkan lebih banyak udara untuk melewati paru-paru. Ini memudahkan pernapasan yang membantu mengurangi keparahan serangan asma, dan magnesium dapat mengendurkan otot dan karenanya memiliki efek bronkodilitasi

  • Memiliki sifat melawan kanker
sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

Saffron tinggi akan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas yang merugikan. Radikal bebas sendiri dikenal menyebabkan beberapa penyakit kronis dan diantaranya adalah kanker.

Dalam penelitian tabung reaksi, saffron, dan senyawanya telah terbukti membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif, atau menekan pertumbuhannya, sementara membiarkan sel-sel normal tidak terluka.

Efek ini tak hanya berlaku pada sel kanker di usus besar saja, namun juga pada sel kanker lain pada kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, serviks, dan beberapa tubuh lain.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Saffron memiliki banyak sekali komponen antioksidan yang bermanfaat. Setidaknya setiap mengonsumsi rempah ini kandungan crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol bisa langsung didapatkan. 

Beberapa komponen antioksidan yang ada pada saffron bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi pada tubuh dan mencegah kerusakan pada sel. Lebih lanjut, antioksidan seperti kaempferol bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada otak sehingga tubuh bisa sehat secara umum dan menyeluruh.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

Saffron membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan memperkuat sistem peredaran darah. Kaya akan mineral seperti tiamin dan riboflavin, Saffron meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah berbagai masalah jantung.

Crocetin yang secara tidak langsung membantu mengurangi kadar kolestrol dalam darah dan keparahan aterosklerosis sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

Saffron memiliki khasiat kardiotonik yang membuat obat jantung mudah mengalir ke tubuh dan menargetkan  jantung. Antioksidan dapat mencegah masalah sirkulasi dan menjaga kadar kolestrol dan trigliserida tetap rendah.

Baca Juga Jenis-Jenis Saffron Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli
  • Menurunkan kadar gula darah
sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

Saffron sangat baik untuk yang menderita diabetes. Mengonsumsi saffron berkhasiat untuk menurunkan gula darah di tubuh dengan cepat karena saffron berfungsi mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan               
sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

Hai girls, info penting banget buat kalian yang ingin punya badan langsing tapi sulit dicapai. Nah, coba aja deh minum saffron.
Dalam satu studi selama 8 minggu wanita yang minum saffron merasa jauh lebih kenyang, lebih jarang ngemil dan berat badan jadi turun secara signafikan dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi Saffron. Selain itu, saffron juga berfungsi untuk mendetoks tubuh atau membuang racun dalam tubuh.

Sebuah studi dalam journal of cardiovascular and Thoracic Research menemukan bahwa mengambil ekstrak saffron membantu orang dengan penyakit arteri koroner mengurangi indeks massa tubuh mereka (BMI), massa lemak total, dan total lingkar pinggang.  
sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/

  • Meningkatkan daya ingat pada orang dewasa dengan penyakit Alzheimer
Mengonsumsi saffron sangat disarankan bagi penderita Alzheimer karena dapat meningkatkan daya ingat. Saffron dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati penyakit Alzheimer dalam kategori ringan hingga sedang jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi obat donepezil sebagai pengobatan konvensional yang memang diperuntukkan mengatasi penyakit Alzheimer.

  • Meningkatkan mood dan mengobati gejala depresi
Selalu memikirkan masalah membuat stres berkepanjangan dan berujung depresi. Jangan biarkan stresmu membuat mood hari mu buruk hingga depresi karena belum menemukan jalan keluar setiap masalah.
Saffron yang memiliki kandungan crocin dan safranal pada rempah saffron ini dapat menstabilkan beberapa hormon pada tubuh, salah satunya dopamin yang bisa meningkatkan mood dan mengendalikan emosi.. Dengan kata lain saffron dapat digunakan sebagai antidepresan (obat penenang) alami.

  • Mampu membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah
    sumber: https://www.instagram.com/taqychansaffron/
Saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah. Selain itu, memiliki manfaat anti-inflamasi yang menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan, dan anti-jamur yang digunakan untuk mengurangi jerawat. 

nah bisa nih buat kalian yang ingin memiliki kulit yang sehat dengan 5 helai saffron Kashmir dicampur air mawar 100 ml.

Order Saffron Disini Aja

Jenis saffron ternyata banyak berdasarkan negara produsen seperti Iran, Spanyol, Afganistan,India, dll. Kualitas Saffron terbaik di dunia adalah Saffron Kashmir. Warns saffron Kashmir lebih merah tua, lebih kering dan baunya tajam. Jadi jangan sampai salah pilih ya guys, Saffron Kashmir pilihan yaitu Taqychan Saffron, Saffron Kashmir asli, premium dan high quality.

Cara pemesanan kalian bisa WhatsApp aku, klik disini atau klik website Taqychan Saffron, pilih stock center yang terdekat dengan tempat tinggal rumah mu, kemudian daftar, masukkan kode referral jagaimun, transfer deh, tinggal tunggu dikirim deh 


  1. Klik https://web.taqychansaffron.com
  2. Pilih Stock Center terdekat lokasi tempat tinggal mu.
  3. Pilih produk saffron ukuran yang kamu inginkan. tersedia 3 jenis ukuran saffron kemasan  0,25 gram, 0,5 gram, dan Ekslusif satu gram saffron+ gratis tumblr.
  4. Masukkan data diri
  5. masukkan kode referal : jagaimun
  6. lanjutkan pembayaran sampai berhasil
  7. tunggu 1 x 24 jam untuk info selanjutnya, pengiriman barang, dll


Harga Safrron Kashmir Taqychan Saffron

website Taqychan Saffron

Ada 3 jenis ukuran Taqychan Saffron
0,25 gram : 145.000
0,5 gram: 285.000
1 gram: 599.000


Instagram Taqychan Saffron : https://www.instagram.com/taqychan_saffron1/
aktifkan notifikasinya agar kamu tidak ketinggalan info terbaru

Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuma-kuma
https://tirto.id/bunga-safron-adalah-rempah-termahal-di-dunia-kenali-manfaatnya-el2g
https://www.idntimes.com/health/fitness/elvira-yuniar-cahya-putri/manfaat-kesehatan-mengonsumsi-saffron-c1c2/6
https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/jemima/manfaat-bunga-saffron-yang-berkhasiat-untuk-kecantikan/full
https://doktersehat.com/manfaat-safron-untuk-kesehatan/
Share:

No comments:

Post a Comment